CARA KERJA REM CAKRAM HIDROLIK

Rem cakram hidrolik bisa dikatakan menjadi peranti standar pengereman sepedamotor saat ini. Bahkan acap rem belakang pun menganut hal yang sama. Pada artikel kali ini membahas tentang rem cakram.

Dalam rem cakram memiliki beberapa komponen yaitu ;Master Cylinder Assy, Caliper, Rotor (disc brake), Tuas rem, dan Minyak rem.
Dimana pada saat tuas rem ditekan (1) maka komponen pada master cylinder
akan menekan cairan fluida/minyak rem (2) pada saat minyak rem ini tertekan sehingga brake pad akan menekan rotor (disc brake), untuk terjadi proses pengereman kondisi tersebut bergantung juga terhadap gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap tuas rem, semakin keras maka gaya pengereman akan tinggi. (untuk jelasnya silahkan dapat melihat gambar di atas)

Kedepannya, tak tertutup kemungkinan blog ini akan membahas segala sesuatu tentang rem cakram.

(sumber : Yamaha Motor Kencana Indonesia)

About these ads

Posted on 14/01/2011, in Informasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. kalo bebek tromol cara kerjanya gimana kang?

  2. Rem sepeda onthel piye cr kerjane?

  3. hem cakram..kalo di tekan trus njepit….kemaren ane juga kejepit gan….tapi enak gan………..

  4. klu ngatur yang rem vario cbs gimana om.. punyaku kurang pas setelanya ..masih bingung kan selingnya pas se ukuran tok..

  5. kalo bebek pake abs gmana?

    • ada tuh merek China yang pake ABS.efeknya sih malah kayak ngeblong gitu.kurang rekomendasi untuk motor cc kecil.Honda CBR250 juga sudah pake.mudah2an sampeyan bisa ikutan nge-test.amien..

  6. hmmmmmm ada tuh blog abal abal bernama http://remcakram.wordpress.com :wuzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  7. yach itu biasa biasa saja, cuma perlu model cakaram yang baru

  8. lw boleh tw cara krja rem abs gmna tw???

  9. itu kan pada saat tuas rem di tekan seandainya tuas rem di lepas apa yang terjadi…
    piston pada kaliper pastinya kembali seperti saat belum di tekan trz yang bikin piston kaliper itu kembali keposisi semula itu apa?apa pada selang minyak rem terjadi kevakuman?sehingga di bantu pegas dari master minyak trsebut kembali ke tabung reservoir?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: